Hari Rabu, tanggal 30 Mei, selepas jam 13.00, Desa ponjong kedatangan tamu dari dinas pariwisata kabupaten Gunungkidul dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Rombongan yang berjumlah 5 orang disambut oleh Kepala Desa Ponjong “H Hasyim” , Sekretaris Desa Ponjong ” Eka Bambang W’,Ketua LPMD ” Baderi ” dan Ketua BUMDes Desa Ponjong” Anang Sutrisno,ST’.

Kunjungan ini meruapakn tindak lanjut dari diskusi pihak pemasaran desa Ponjong yang telah dilaksanakan di Dinas Pariwisata Provinsi DIY bulan lalu. Rombongan yang dipimpin Bapak Sina dan Bapak Wijang adalah dalam rangka  melakukan observasi ke Desa Ponjong untuk mengetahui potensi dan kesiapannya ketika nanti desa Ponjong akan dijadikan rintisan Desa Wisata.

Diskusi awal dilakukan dikantor kalurahan dengan melihat potensi yang ada didesa Ponjong yang sudah diujudkan dalam bentuk buku, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke sumber ponjong dan dilanjutkan ke obyek wisata gunungkendil.

Di Obyek wisata Gunungkendil rombongan diterima langsung oleh pemiliknya yaitu Kyai Moyo. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan mendengarkan tentang sejarah berdirinya obyek wisata gunungkedil dan konsep pengembangannya.Acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke sekitar obyek wisata gunungkendil.

Dari statmen Bapak Sina, Bapak Pipo , Bapak Wijang Ponjong memiliki potensi besar untuk dijadikan desa wisata. Kondisi  yang ada sekarang, infrastruktur sudah mendukung, gagasan pengelolaan sudah ada dan pemerintah juga mendukungnya.

Pekerjaan yang perlu segera di selesaikan adalah segera membuat konsep desa wisata, paketan wisata dan mengkordinasikan pihak yang terlibat untuk disikronisasikan. Ada harapan besar bahwa tahun ini desa ponjong  sudah bisa launching menjadi desa wisata.

TINGGALKAN KOMENTAR