E-KTP Desa Ponjong

Posted 07 Jan 2012 — by
Category Warta

Salah satu program yang menjadi ungulan untuk pemerintahan SBY ini adalah program KTP Elektronik atau yang lebih dikenal dengan program E-KTP untuk seluruh penduduk  di Indonesia bagi penduduk yang telah memiliki hak pilih.

Suasana eKTP di Desa Ponjong

Suasana eKTP di Desa Ponjong

Program ini dilaunching tahun 2011 kemarin ,oleh kementrian dalam dalam negeri oleh Gamawan Fauzi. Program ini ditujuan untuk sensus penduduk dengan pendataan yang lebih valid untuk menghindari dobel ktp yang sekarang masih banyak terjadi.

Kelebihan dari program e-ktp ini karena basis pengambilan datanya adalah dengan mengambil gambar wajah, data keluarga, serta iris mata dan sidik jari. Sebagaimana  diketahui bahwa sidik jari semua umat manusia didunia ini tidak ada yang sama. Jadi ini bisa dijadikan patokan bahwa tingkat validitas dari data yang diambil akan semakin akurat.

Desa ponjong selama sepuluh hari ini mendapatkan bagian untuk e-ktp dari jumlah penduduk yang terdata sebanyak 3500 orang dengan 11 padukuhan dan terbagi menjadi 46 RT . Secara teknis dibagi menjadi perpadukuhan karena dijatah 1 hari hanya untuk entri 300 data yang masuk.

Prosedur yang dilakukan warga, mendapat undangan untuk foto e-ktp , kemudian tepat pada jadwal foto, penduduk datang ke kecamatan ponjong, untuk diambil foto, data ,iris mata dan sidik jari

Hari Jumat , tanggal 6 Januari 2012 padukuhan tembesi desa Ponjong kecamatan Ponjong mendapatkan giliran untuk e-ktp. Semua warga padukuhan tembesi yang mendapatkan undangan hadir ke kecamatan untuk mensukseskan program e-ktp.Pengambilan data dimulai dari jam 08.00 sampai pukul 15.00 , dilayani dengan 2 mesin pengambil data yang telah disiapkan pemerintah kecamatan ponjong.

 

Mereka mengenal ponjong dari:

About Anang Sutrisno

Anang Sutrisno, saat ini aktip dalam BKM Mandiri Desa Ponjong. Selain itu juga ditunjuk sebagai Tenaga Ahli Tim Pemasaran PLPBK Desa Ponjong 2011-2012.

Add Your Comment