kunjungan menteri PU ke Stand KSM (sumber tribbun jogja)BKM Mandiri mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan  yang diadakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) wilayah yogyakarta dan soloraya,Kepercayaan ini ada karena peran dari pendamping program PNPN Mandiri kabupaten gunungkidul.

Acara ini merupakan bukti kontrak kerjasama antara BRI untuk membantu mengentaskan program kemiskian melalui kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang didikelola BKM melalui unit simpan pinjam keuangannya.

Komitmen ini diwujudkan dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI yang digunakan untuk membantu permodalan usaha kecil yang dikelola BKM melalui KSM yang tersebar dimasyarakat.

Sistem yang dikembangkan model kemitraanya adalah dengan sistem tanggung renteng dengan pinjaman antara 2 sampai 20 juta peranggota KSM tanpa menggunakan jaminan.

Acara dilaksanakan pada hari senin, 16 januari 2012 di joglo pendopo hotel ambarukmo.Hadir dalam kesempatan tersebut menteri Pekerjaan Umum ‘bapak Joko Kirmanto, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Dirut BRI, Bupati Gunungkidul,Bantul dan Sleman.

Acara  inti dari program ini adalah penandatangan kerjasama antara BRI dengan BKM se Yogyakarta dan solo raya untuk chaneling program pengguliran program ke KSM melalui BKM.

Kemudian acara dilanjutkan kunjungan ke stand-stang pameran oleh rombongan menteri PU, Gubernur DIY.Dan alhamdulillah distand Gunungkidul yang diwakili BKM Mandiri Desa Ponjong diberi kesempatan memberikan booklet dan DVD  program PLPBK yang sedang dilaksanakan desa ponjong kepada rombongan.

Untuk Produk home industri yang dibawa KSM  seperti kacang mete,kacang bawang,kripik pisang,emping jagung yang dibawa, semuanya  ludes terjual.Diborong pimpinan cabang BRI Wonosari “ibu Endang H’.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR