Paparan Dengan Kepala BAPPEDA Gunungkidul

Posted 06 Mar 2012 — by
Category Warta

diskusi dengan kepala BAPPEDA GunungkidulDaya tarik yang dimiliki Desa Ponjong adalah adanya  mata air Sumber Ponjong yang terus mengalir sepanjang masa dengan debit kurang lebih 60 liter per detiknya.

Sampai saat ini air tersebut pemanfaatannya untuk mandi dan mencuci warga sekitar sumber, air minum dan untuk irigasi pertanian dengan cakupan kurang lebih 80 hektare untuk mengairi persawahan dengan panen padi 3 kali dalam setahunnya.

Ada beberapa pemikiran dari masyarakat Desa Ponjong, untuk mengembangkan potensi air yang ada di Desa Ponjong. Lewat dari diskusi dan diskusi yang dilakukan oleh masyarakat dengan diinisiasi Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mandiri Desa Ponjong. Setelah berargumen dan berbeda pendapat dalam rapat-rapat perencanaan, akhirnya Desa Ponjong memiliki master plan pengembangan Desa, dengan perencanaan sampai 25 tahun kedepan.

Icon yang di gunakan sebagai master plan Desa Ponjong adalah mata air Sumber Ponjong , karena ketika sumber Ponjong dikembangkan maka akan ada multiplayer efek untuk pertumbuhan ekonomi Desa Ponjong. Dengan Pengembangan program permainan anak (mini water boom), wisata kuliner, wisata edukasi, harapannya Desa Ponjong menjadi magnet dan pertumbuhan ekonomi baru dikawasan timur kabupaten Gunungkidul , dengan mengambil ikon Desa Ponjong sebagai Desa Wisata Plus.

Inilah yang menjadi dasar, pemikiran dan latar belakang ketika tim pemasaran PLPBK Desa Ponjong yang di pimpin bapak Subardi, bapak Eka Nur BW , Bapak Budiman S, dan Bapak Anang Sutrisno berkunjung ke BAPPEDA Gunungkidul , pada hari Senin , 5 Maret 2012.

Rombongan tim pemasaran disambut Kepala BAPPEDA Kabupaten Gunungkidul Ir Syarif M.Selama kurang lebih 1, 5 Jam rombongan diskusi tentang arah pengembangan Desa Ponjong yang dipaparkan Bapak Anang Sutrisno dan dilanjutkan dengan sharing.

Ir Syarif M , sangat apresiasi dengan master plan pengembangan Desa Ponjong kedepan, dan berkomitmen untuk membantu mewujudkan mimpi-mimpi masyarakat Desa Ponjong menjadi kenyataan.

 

Mereka mengenal ponjong dari:

About Anang Sutrisno

Anang Sutrisno, saat ini aktip dalam BKM Mandiri Desa Ponjong. Selain itu juga ditunjuk sebagai Tenaga Ahli Tim Pemasaran PLPBK Desa Ponjong 2011-2012.

Add Your Comment