Pelatihan analisis kemiskinanSelama dua hari semenjak hari Selasa dan Rabu (27-28/8) Dua Desa yang ada di Dua Kecamatan Ponjong dan Karangmojo yaitu Desa Sumbergiri dan Desa Bendungan berkumpul di kantor UPK PNPM MD Kecamatan Ponjong.

Sebanyak 33 orang dari dua desa tersebut dilatih untuk membuat peta kemiskinan, dengan model pendekatan pencarian datanya secara partisipatif. Selama dua hari peserta diberikan materi tentang dasar analisis kemiskinan, pengantar dasar-dasar sistem Informasi Desa dan praktik dilapangan.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Tim Pelatih Masyarakat (TPM) PNPM MD Kecamatan Ponjong dan Karangmojo.Menurut ketua panitia ‘Supanto’ acara ini merupakan acara pelatihan tingkat cluster dan hanya dipilih satu  desa mewakili satu kecamatan sebagai pilot projectnya.

Harapan setelah pelatihan ini, peserta dapat mengaplikasikan pendataan penduduk miskin didesanya masing-masing dengan metode partisipatif , serta hasilnya dapat di inputkan dalam Sistem Informasi Desa (SID) dengan sistem online, sehingga hasilnya bisa diakses darimanapun.

Untuk tentor dalam pelatihan ini, TPM Kecamatan Ponjong dan Karangmojo bekerja sama dengan lembaga IDEA Yogyakarta dengan pembicara Tri Wahyuni Suci Wulandari dan Mart yang mengupas tentang konsep pendataan, input data ke SID sampai pendampingan paraktik lapangan di padukuhan Gedaren II Desa Sumbergiri Kecamatan Ponjong

TINGGALKAN KOMENTAR