Pelatihan SikudesDalam rangka persiapan implemetasi undnag-undang desa , beberapa paguyuban perangkat desa yang dimotori oleh sekretaris desa Ponjong, Eka Bur Bambang Wacana berinisiatif mengadakan pelatihan Sistem Keuangan Desa (SIKUDES) dengan lebih menggunakan teknologi yaitu dengan komputerisasi.

Sistem ini merupakan jawaban untuk mempersiapkan, implementasi  undang-undang desa  karena  setiap desa akan teralokasi dana sebesar 1 miiar pertahun. menurut Eka Nur Bambang Wacana, akan ada kenaikan pengelolaan keuangan desa akan naik lima kali lipat, karena untuk sekarang, rata-rata perdesa sudah mengelola anggaran kurang lebih 200 juta pertahun.

Acara pelatihan Sistem Keuangan Desa ini dilaksanakan pada Rabu (7/5) bertempat di Aula Balai Desa Ponjong dengan peserta meliputi 11 Desa Se-Kecamatan Ponjong dari pukul 08.00 sampai pukul 15.00. Setiap desa mengirimkan tiga orang perwakilannya yang meliputi Sekretaris Desa, Bendahara Desa dan Satu perangkat Desa yang mengetahui tentang IT.

Pemateri  dalam pelatihan  tersebut adalah ibu Maryati dari bendahara desa Karangrejek Wonosari yang mengupas tentang konsep SIKUDES dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Dan dilanjutkan dengan praktek langsung untuk implementasi sistem SIKUDES dalam penentuan alokasi anggaran desa.Untuk mensuport acara tersebut, setiap peserta diwajibkan membawa laptop.

TINGGALKAN KOMENTAR