Rabu (5/4) Desa Ponjong kedatangan tamu dari mahasiswa Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Rombongan yang di pimpin langsung oleh Ibu Dr Nuraini diterima langsung oleh Plt Sekdes Desa Ponjong, Budiman Setyanugraha

Dalam presentasi yang disampaikan oleh Budiman Setyanugraha, bahwa desa ponjong memiliki sejarah yang panjang dan  memiliki beberapa potensi yang bisa dikembangkan menjadi hal yang bisa menumbuhkan ekonomi produktidf di desa.

Salah satu sejarah dan potensi yang sukses dikembangkan adalah Sumber Ponjong. Sumber ponjong yang awalnya hanya untuk kegiatan pertanian dan perikanan, disulap menjadi obyek wisata dengan nama waterbyuur.

Waterbyuur yang dikembangkan dengan dana awal PNPM Mandiri Perkotaan, bisa eksis untuk menghidupkan ekonomi desa.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Hanyukupi sebagai pengelola waterbyuur bisa menggerakkan ekonomi desa dengan menyerap kurang lebih 20 orang pengelola.

Tahun ke 4 pengelolaan waterbyuur sudah mulai melebarkan usaha dengan pengembangan usaha kicau mania dan pengelolaan sampah terpadu.

Setelah presentasi diakhiri dengan study lapangan keliling waterbyur untuk melihat potensi desa serta melihat latihan sanggar sunu pratiwi latihan menari di joglo gazebo waterbyuur ponjong.

TINGGALKAN KOMENTAR