Panen Padi DEM Area Budidaya Tanaman Sehat Bersama Gubernur D. I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X

PONJONG.com – Gubernur D. I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 15 Agustu 2019 Sekitar Pukul 15.15 WIB Hadir di Desa Ponjong bersama Rombongan.

Kedatangan beliau dalam Rangka Panen Padi DEM Area Budidaya Tanaman Sehat dan juga Diskusi dengan Masyarakat serta Pemberian Bantuan di Beberapa Tempat di Gununungkidul.

Lokasi Panen Padi varietas situ bagendit  ini dilaksanakan di di persawahan komplek Water Byur Sumber Ponjong.

Sri Sultan Hamengku Buwono X tidak ada rasa canggung dan terlihat langsung memegang sabit yang sudah disediakan dengan diiringi tepuk tangan warga dan sejumlah tamu undangan, beliau langsung mengangkat hasil panen beliau.

Sri Sultan Hamengku Buwono X di Desa Ponjong
Sri Sultan Hamengku Buwono X di Desa Ponjong

Selesai panen padi beliau bergegas menuju Komplek Kebun Bibit Rakyat (KBR) terdapat pembibitan pohon sengon (30.000 bibit Sengon), bawang merah, sawi dan berbagai macam sayuran.

Terlihat bahwa seluruh petani sangat bangga sekali dengan adanya kunjungan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut. Dan ketika beliau sampai di Kebun Bibit Rakyat (KBR) Desa Ponjong kemudian dilakukan diskusi dan tanya jawab dengan para petani dan Kepala Desa Ponjong Lurah Arif Al Fauzi.

Dalam diskusi tersebut para petani menyampaikan segala kendala yang dihadapi oleh para petani terutama infrastruktur yang mendukung sistem pengairan untuk menyiram bibit sengon, sayuran, dan persawahan.

Selain itu Dalam Diskusi, Lurah Arif Al Fauzi juga menyampaikan bahwa Bibit Sengon ini nantinya akan di Tanam di Lokasi2 Tegal yang terkena Dampak Wabah Monyet. Beliau juga menyampaikan langsung kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X dan meminta solusi akan masalah tersebut. Lurah Arif Al Fauzi menyampaikan bahwa di Kawasan Tegalan Wabah Monyet, pada musim panen keduanya, kurang lebih 60% nya dihabiskan kawasan Monyet2 tersebut.

Besar harapan dari para petani di KBR dan kebun bawang merah yang dipimpin oleh bapak Saparli tersebut bahwa dengan adanya kunjungan Gubernur DIY ke desa Ponjong mampu meningkatkan kesejahteraan para petani dan seluruh warga masyarakat Desa Ponjong pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.