Sikap Warga Muhammadiyah Dalam Menghadapi Pandemi

  • Share
man in yellow protective suit
Photo by cottonbro on <a href="https://www.pexels.com/photo/man-in-yellow-protective-suit-3951373/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

Dalam Resepsi Milad Muhammadiyah 112 PDMGK, yang dr. H. Agus Taufiqurrahman, M.Kes.,Sp.S. memberikan sebuah tauziah yang cukup menarik bagaimana Sikap Muslim dalam menghadapi Wabah ini. Beberapa yang disampaikan beliau ini cukup menarik.

Kenapa Indonesia Kasus COVID-19 masih sangat tinggi, setidaknya ada beberapa alasan. Diantaranya Adanya Kelompok Tidak Percaya, menganggap COVID-19 tidak ada, COVID-19 adalah Konspirasi bahkan ada yang acuh tak acuh yang menganggap bahwa Ada atau Tidak Ada COVID-19 tetep juga mati.

Menghadapi Pandemi COVID-19 ini Pak Dokter (Sapaan Akrab dr. H. Agus Taufiqurrahman, M.Kes.,Sp.S) ini menyampaikan perlunya kita untuk tidak abai dengan Pandemi yang masih terjadi dan belum ada titik terang kapan wabah ini akan selesai.

Rasululullah telah besabda Tidak boleh ada bahaya dan tidak boleh membahayakan.

image 2
Hadits Rasulullah Perlunya Kita Tidak Abai dengan Pandemi

Di Wilayah yang Wabah dan Pandemi belum bisa dikendalikan dengan baik Majelis Tarjih PP Muhammadiyah memberikan himbauan untuk tidak mengadakan ibadah di Masjid terlebih dahulu dan mengerjakan Ibadah di Rumah dulu.

Banyak Warga Indonesia yang tidak percaya COVID bahkan membandingkan bagaimana di Negara2 EROPA Penonton sudah membludak dan bahkan tidak bermasker, Warga Indonesia yang tidak percaya COVID tidak tau kalau di Negara Eropa Percepatan Vaksin sudah sangat cepat dan masif, jadi mereka bisa kembali hidup normal.

Hal serupa bisa dibandingkan dengan Piala Amerika dimana Pertandingan2 masih tanpa penonton. Mengingat negara negara di Amerika tidak jauh beda dengan Indonesia (Asia) yang percepatan Vaksin belum maksimal.

Mengenai Vaksin COVID-19

Pak Dokter juga menyampaikan bahwa Vaksin adalah salah satu cara untuk meredam pandemi ini, walaupun itu bukan CARA UTAMA, tapi itu merupakan komponen yang lumayan penting agar Pandemi COVID-19 ini bisa cepat selesai.

Dan Muhammadiyah juga memahami bahwa Vaksin itu juga harus memenuhi beberapa kriteria agar halal dan aman untuk Masyarakat.

image 3
Beberapa Kriteria yang perlu di Cermati tentang Vaksin

Sikap Muhammadiyah; Selama sesuai kaidah diatas, Muhammadiyah mendukung Gerakan Vaksin yang digalakkan Pemerintah.

Upaya Menjaga Immun Tubuh

Di Pandemi yang masih belum ada kabar Endingnya ini Pak Dokter menyampaikan beberapa hal dan upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga Immun Tubuh tetap tinggi.

image 4
Upaya yang bisa kita lakukan Menjaga Immun Tubuh

Berikut ini Beberapa Kiat Menjaga Immun Tubuh

  • Asupan Gizi Cukup. Makan – minum yang halal dan thoyyib, cukup nutrisi, perbanyak sayur dan buah, konsumsi madu, bagus juga habatussauda. Rimpang/empon-empon dan rempah yang berkhasiat sehat.
  • Aktifitas fisik yang baik, sempatkan berolah raga.
  • Istirahat yang cukup.
  • Menjaga emosi tetap positif. Jangan mudah marah dan hindari emosi negatif lain.
  • Menjaga kesehatan spiritual dengan tertib beribadah. Selalu berdoa

Yang tak kalah penting, Rasulullah telah bersabda bahwa setiap penyakit itu ada obatnya.

image 5
HR Bukhori & Muslim

Tetaplah Sehat dan Mari Hadapi Pandemi COVID-19 dengan Bijaksana dan Saling Kerjasama agar Wabah ini bisa segera berakhir dan kita bisa menjadi Pribadi Lebih baik lagi.

56 dibaca
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.